Selasa, 18 Desember 2012

Indahnya Saling Berbagi

Hal inilah yang perlu kita tanamkan sejak dini, bukankah kita hidup didunia memerlukan bantuan orang lain, begitu hal nya saling berbagi jika kita mempunyai kelebihan baik harta maupun ilmu harus lah dibagi kepada yang membutuhkan karena dengan jelas pada hadist Amr ibn Qais berkata: “Jika engkau mendengar sesuatu dari kebajikan maka amalkan maka engkau pasti akan menjadi ahlinya, meskipun hanya satu kali.” [Ahmad, az-Zuhd, 326] disini kita diwajibkan untuk saling berbagi karena tangan di atas lebih baik dari pada tangan dibawah.


Hal ini terbukti secara ilmiah dan berikut tiga faktanya, seperti dilansir dari Oprah.com.

1. Kekuatan pikiran
Cukup hanya dengan merenungkan dan memikirkan aktivitas saling berbagi dan memberi, sudah bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Ini terbukti dari penelitian yang dilakukan pada mahasiswa Universitas Harvard, di Amerika Serikat.

Mereka diminta menonton sebuah film tentang Bunda Teresa yang sedang merawat anak yatim piatu. Dari hasil pemeriksaan, zat antibodi pada saliva atau air liur mereka, meningkat secara signifikan. Lalu, mereka diminta untuk fokus memikirkan saat-saat ketika mereka dicintai dan mencintai orang lain. Hasilnya, dalam waktu satu jam, kadar antibodinya pun meningkat.

2. Kekuatan mendengar
Memberi dan berbagi, tak harus selalu dalam bentuk materi. Anda juga bisa memberikan perhatian atau tenaga pada orang-orang yang membutuhkan. Faktanya, ketika Anda memberi perhatian dengan jadi pendengar yang baik, risiko terkena serangan jantung pun menurun.

Serangan jantung diketahui memiliki korelasi tinggi dengan seseorang yang lebih sering melihat sesuatu hanya dari sudut pandang pribadi (aku, saya), ketika berbicara. Saran terbaik adalah dengan mengurangi sifat egois dan jadi seorang pendengar yang baik.

3. Mengurangi rasa sakit
Orang yang menderita sakit kronis, diketahui mengalami penurunan rasa sakit dan depresi, ketika mereka bertemu orang lain dalam penderitaan yang sama. Dengan saling berbagi perhatian, rasa nyeri bisa berkurang hingga 13 persen. Para ilmuwan percaya ini terjadi karena pelepasan endorfin.

Dalam konteks kemanusiaan, meminta pertolongan kepada sesama saudara muslim sangat diperlukan. Hidup ini terlalu berat untuk dijalani seorang diri, bahkan meskipun oleh seorang mukmin. Demikian juga upaya menjaga kesinambungan amal. Kalaulah tidak seperti itu, tentu Rasulullah tidak begitu sering menekankan pentingnya hidup berjama’ah, sebuah bentuk lain dari menolak kesendirian. Sebab, seperti perumpamaan yang disampaikan Rasulullah, serigala itu akan memangsa domba-domba yang sendirian. (al-hadits)


Doc: Indahnya Saling Berbagi Yang Diperakan Oleh Model Pemuda Muhammadiyah Harjosari Cab. Teladan Satu Medan.

Rael Dahlan (kaos putih) & rekannya Hendi setiawan (batik merah), foto ini diambil saat waktu makan siang pada acara Tabligh Akbar yang diselenggarakan Oleh Pemuda Muhammadiyah & Nasyiatul Aisyiyah Ranting Harjosari Satu Cab. Teladan Satu Medan.

Ni dia,....,, !!!!
Keharmonisan dan keakraban Pemuda Muhammadiyah Harjosari Cab. Teladan Satu Medan, ulah kedua pemuda yang bikin terhibur panitia lainnya saat makan siang,.,.,.!!!!
saling berbagi dapat dilakukan dengan berbagai hal, contohnya seperti yang diperankan oleh model kita ini, dan masih banyak lagi hal-hal lainnya.


Kedua Pemuda ini tampak ceria menebarkan sen(liat aja tu senyum menawan mereka) dan penuh semangat turut serta dalam tugas kepanitiaan.

Berbagi senyuman memang kelihatan sederhana, tetapi jangan menganggap remeh kekuatan dari senyuman, orang yang selalu berbagi senyumannya dengan orang lain punya daya tarik tersendiri, ketika seseorang tersenyum maka senyum tersebut akan membuat suasana menjadi lebih cerah, mengubah mood orang lain yang ada disekitarnya dan membuat semua orang menjadi senang. Orang yang suka tersenyum membawa kebahagiaan buat orang yang ada di sekitarnya. Seringlah tersenyum maka kamu akan disukai oleh banyak orang. Tersenyumlah, maka setengah dunia akan tersenyum kepada anda.,.,.!!!

NB: Betapa indah rangkaian ikatan kelebihan dan kekurangan anak manusia terjalin hingga tercipta keharmonisan hidup dengan saling berbagi....!!!

Sumber:  http://wahyurishandi.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar